Pada saat memberikan kuliah tentang
Manajemen Stress, Stephen Covey
mengangkat sebuah segelas berisi air
dan bertanya kepada para siswanya:
“Seberapa berat menurut anda kira
segelas air ini?”
Para siswa menjawab mulai dari 200 gr
sampai 500 gr. “Ini bukanlah masalah
berat absolutnya, tapi tergantung
berapa lama anda memegangnya.”
kata Covey.
“Jika saya memegangnya selama 1
menit, tidak ada masalah. Jika saya
memegangnya selama 1 jam, lengan
kanan saya akan sakit. Dan jika saya
memegangnya selama 1 hari penuh,
mungkin anda harus memanggilkan
ambulans untuk saya. Beratnya
sebenarnya sama, tapi semakin lama
saya memegangnya, maka bebannya
akan semakin berat.”
“Jika kita membawa beban kita terus
menerus, lambat laun kita tidak akan
mampu membawanya lagi. Beban itu
akan meningkat beratnya.” lanjut
Covey. “Apa yang harus kita lakukan
adalah meletakkan gelas tersebut,
istirahat sejenak sebelum
mengangkatnya lagi”.
Kita harus meninggalkan beban kita
secara periodik, agar kita dapat lebih
segar dan mampu membawanya lagi.
Jadi sebelum pulang ke rumah dari
pekerjaan sore ini, tinggalkan beban
pekerjaan. Jangan membawa pulang
beban. Beban itu dapat diambil lagi
besok. Apapun beban yang ada
dipundak anda hari ini, coba tinggalkan
sejenak jika bisa. Setelah beristirahat
nanti dapat diambil lagi.
Hidup ini singkat, jadi cobalah
menikmatinya dan
memanfaatkannya…!!
Hal terindah dan terbaik di dunia ini tak
dapat dilihat, atau disentuh, tapi dapat
dirasakan jauh di relung hati kita.
============ ==
*Moral kisah*:
Bukan berat beban yang membuat kita
stres, tetapi lamanya kita memikul
beban tersebut.
(Stephen Covey )