Berikut beberapa tips security yang dapat kita gunakan dengan file htaccess:

Mencegah Mengakses File .htaccess

File .htaccess merupakan file yang sangat penting bagi website kita. File ini harus diberikan security agar tidak dapat diakses oleh orang lain. Ketika ada yang mengakses file .htaccess biasanya akan timbul pesan error 403. Itu disebabkan karena setting permissionnya didalam server hosting telah menggunakan CHMOD 644, yang mengakibatkan file ini tidak dapat diakses oleh publik. Tetapi jika kita ingin menambahkan security pada file .htaccess kita dapat menambahkan kode berikut:

# security file htaccess

order allow,deny
deny from all

Mencegah Mengakses File Khusus

Untuk mencegah agar pengunjung website tidak dapat mengakses file-file khusus, kita dapat menambahkan beberapa kode dalam file .htaccess, dengan menspesifikasikan nama file tersebut.

# mencegah melihat file khusus

order allow,deny
deny from all

Arti dari kode tersebut adalah bahwa file secretfile.jpg telah diblok dan tidak dapat dilihat atau diakses oleh pengunjung.

Mencegah Mengakses Beberapa Tipe File

Untuk mencegah pengunjung web agar tidak dapat mengakses beberapa tipe file khusus, kita dapat menambahkan kode pada file .htaccess sebagai berikut:

Order Allow,Deny
Deny from all

Arti dari kode tersebut adalah bahwa file yang berekstension htaccess, htpasswd, ini, phps, fla, psd, log dan sh telah di blok dan tidak dapat dilihat atau diakses oleh pengunjung secara langsung.

Mencegah Browsing Direktori

Jika dalam direktori di server hosting kita tidak terdapat ada index-nya, maka pengunjung akan dapat mengakses dan browsing ke dalam server hosting kita pada saat mengakses direktori tersebut. Demi keamanan website kita, hal ini harus kita cegah dengan menambahkan beberapa kode kedalam file .htaccess

# disable directory browsing
Options All -Indexes

Kebalikannya, untuk mengaktifkan agar dapat browsing ke direktori, kita dapat gunakan kode:

# enable directory browsing
Options All +Indexes

Jika ingin mencegah untuk melihat daftar dari isi direktori kita dapat gunakan kode:

# mencegah melihat isi direktori / folder
IndexIgnore *

Jika kita ingin mencegah untuk tipe-tipe file tertentu kita dapat menambahkan kode:

# mencegah menampilkan tipe file tertentu dalam direktori
IndexIgnore *.wmv *.mp4 *.avi *.etc

Mengganti Default Halaman Index

Halaman index kadang menjadi sasaran untuk dibobol / dihack oleh orang lain, jika dirasa sangat perlu demi keamanan website, kita dapat mengganti halaman index dengan menggunakan nama file lain. Misalkan kita ingin mengganti halaman index dengan menggunakan nama file “bisnis.html”, maka kita dapat menambahkan kode pada file .htaccess sebagai berikut:

# mengganti halaman index
DirectoryIndex bisnis.html

Untuk mengganti urutan dari halaman index, kita dapat menggunakan kode berikut:

# Mengubah urutan halaman index
DirectoryIndex namafile.html index.cgi index.pl default.htm

Membuat Redirect pada saat memperbaiki atau mengupdate website.

Jika kita ingin memperbaiki website, entah itu saat mengganti desain website atau memperbaiki kerusakan-kerusakan yang lain, sehingga pada saat orang lain mengunjungi website kita masih terlihat adanya kerusakan pada website. Bagi seorang webmaster, hal tersebut haruslah dihindari karena untuk menjaga keprofesionalan dari website tersebut. Untuk menghindarinya kita dapat mengarahkan pengunjung secara langsung dengan melakukan redirect kehalaman lain, dimana halaman tersebut dapat berisi pesan bahwa website yang kita kelola tersebut masih diperbaiki.

Untuk melakukan redirect kita dapat menambahkan beberapa kode kedalam file .htaccess, sebagai berikut :

order deny,allow
deny from all
allow from 123.123.123.123

ErrorDocument 403 /page.html

allow from all

Kita harus mengganti 123.123.123.123 dengan IP address dari komputer kita agar kita masih dapat melihat perubahan yang terjadi sebelum untuk konsumsi publik. Kita juga harus mengganti page.html dengan nama file halaman sesuai dengan file yang kita buat. File ini adalah halaman yang dilihat pengunjung saat kita melakukan perbaikan.

Setelah perbaikan dianggap selesai kita harus menghapus kembali kode diatas agar pengunjung dapat menikmati kembali website kita.

Menampilkan Halaman Error 404

Pada saat pengunjung website melihat suatu alamat URL dalam website kita tetapi alamat tersebut tidak ada dalam website maka didalam browser akan muncul pesan error yaitu “404 File Not Found“. Agar kelihatan lebih profesional website kita, pesan error ini dapat kita ganti dengan sebuah halaman yang kita definisikan sendiri pesannya, dengan cara menambahkan kode pada file .htaccess sebagai berikut:

ErrorDocument 404 /404.html

Kita dapat mengganti 404.html sesuai dengan nama file yang kita buat. Jadi saat terjadi error 404, pengunjung akan melihat halaman file tersebut.

Memindah atau Mengganti Nama File

Jika kita pernah memindah atau mengganti nama halaman dalam website kita, maka kita wajib melakukan Redirect agar pengunjung yang melihat halaman yang lama dapat langsung mengarah melihat halaman yang baru. Untuk melakukan itu dapat dilakukan dengan menambahkan kode pada file .htaccess sebagai berikut:

Redirect 301 /lama.html http://domainanda.com/baru.html